Pesta demokrasi yang sudah didepan mata ini, direspon Pemerintah Kota dengan menyatakan siap mensuksekan jalannya pemilukada, serta pembentukan Desk Pemilukada tingkat kota.
“Ini adalah kewajiban pemerintah, mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pemilukada” demikian ungkap Kabag Humas Pemkot Batu Drs. Robiq Yunianto, MAP usai mengikuti rapat diruang Sekda, rabu pagi (14/3). Menurutnya sebagai penyelenggaraan pemerintahan yang baik, pemerintah wajib memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan Pemilukada dari awal hingga akhir.
“Bantuan itu akan diberikan sepenuhnya oleh pemkot, demi memperlancar Pemilukada,” tambah mantan Dirut PDAM Kota Batu itu. Menurut robiq, segala kebutuhan seperti penyajian demografi, jumlah penduduk, jumlah pemilih akan difasilitasi untuk diberikan pada lembaga penyelenggara pemilukada.
Tidak hanya itu menurut Mantan Kasubag Agraria Bagian Pemerintahan Pemkot Batu ini, juga menambahkan untuk pengamanan pelaksanaan Pemilukada, pemerintah juga siap memberikan pengamanan dalam hal ini pengamanan akan diberikan oleh aparat kepolisian dan TNI, “Pemerintah, Kepolisian dan TNI akan terlibat dalam mensukseskan Pemilukada,” Menurutnya TNI dan Polri akan fokus dalam pengamanan, baik saat masa pencalonan, kampanye, pemungutan suara, hingga pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih.
Meski Pemkot dan jajaran samping siap membantu mensukseskan Pemilkuda, bukan berarti turut mengintervensi,”Kami akan terlibat dalam pensuksesan, bukan berarti turut intervensi,” tegas robiq. Menurutnya Pemilukada merupakan ruang politik praktis yeng mempunyai mekanisme aturan sendiri, sehingga masalah pemilukada sepenuhnya akan diserahkan pada pihak KPU Kota Batu, Panwas, serta Parpol.
Menurut Robiq, sesuai Keputusan Walikota Batu Nomor 181/41/KEP/422.012/2012 disebutkan bahwa salah-satu tugas pemerintah dalam gelaran Pemilukada, diharuskan membantu proses kelancaran jalannya pemilukada. Bantuan yang diberikan pemerintah diantaranya, turut terlibat aktif dalam sosialisasi pelaksanan pemilukada, membantu kelancaran transportasi pengiriman logistik pemilukada, monitoring kelancaran penyelenggaraan pilkada, termasuk memberikan saran jika muncul persoalan-persoalan.
Selain memfasilitasi dan mengkoordinasi pelaksanaan pemilukada, pemkot juga membentuk secara definitif desk pemilukada yang bertugas membantu mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan itu. Desk pemilukada pembiayaannya bersumber dari APBD itu, akan bekerja selama delapan bulan kedepan, “Desk pilkada akan bekerja dari bulan april hingga nopember” ungkap robiq.
Dalam rapat koordinasi desk pilkada Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Batu tahun 2012 yang digelar diruang Sekretaris Daerah ini, diputuskan Sekda sebagai Ketua Desk Pilkada, Wakil Ketua dipercayakan Asisten Pemerintahan, sedang Sekretaris dipegang Kepala Kantor Kesbangpolinmas. Sementara anggota desk Pemilukada kota Batu, diantaranya dari jajaran Kodim 0818, Polresta Kota Batu, Kejari, Kepala Dishubkominfo, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Satpol PP, Kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Kepala Bagian Hukum, Serta Kepala Seksi Politik Dalam Negeri Kantor Kesbangpolinmas. Dalam desk pemilukada juga dibantu 10 staf sekretariat, 7 dari unsure Kesbangpolinmas, 3 dari unsure Bagian Pemerintahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar